Kamis, 25 Agustus 2016

Keselamatan Bagi Jiwa Di Alam Barzakh

Bacaan : 2 Makabe 12: 38-45

Nas Alkitab :

"Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati." (2Mak 12:44)

Dalam 2 Mak.12:44-45, dinyatakan bahwa  "mereka pun lalu mohon dan minta, semoga dosa yang telah dilakukan itu dihapus semuanya … Lagi pula Yudas ingat bahwa tersedialah pahala yang amat indah bagi sekalian orang yang meninggal dengan saleh."
Hal tersebut menjadi dasar mengapa Yudas dari Makabe dan tentunya juga kita mendoakan arwah orang yang sudah meninggal. Agar dosa dan salah mereka di dunia ini dihapuskan serta pahala kekal dianugerahkan kepada mereka. Yesus yang adalah Tuhan atas orang hidup dan orang mati, tentu memiliki kuasa atas orang hidup maupun yang sudah mati, ia dapat melakukan segalanya, juga yang nampak mustahil bagi manusia. Kristus menantikan semua yang diberikan Bapa kepada-Nya, akan datang pada-Nya, di rumah Bapa-Nya.

Sesuai kalender liturgi gereja hari-hari ini, kita diajak untuk secara khusus mengenang dan mendoakan saudara/i kita yang sudah meninggal dan saat ini masih berada di alam barzakh (tempat penantian). Kita juga diajak menyadari makna kematian dalam terang iman kristiani. Kematian bukanlah akhir dari segala-galanya. Sebab, dengan kematian, hidup hanyalah diubah bukan dilenyapkan. Kematian justru merupakan awal dari kehidupan abadi di surga. Sebab, bagi kita telah disediakan kediaman abadi di surga, setelah hidup kita di dunia ini berakhir.

Sebagian besar orang, ketika berangkat dari dunia ini (mati) berada dalam keadaan dosa. Maka, agar mereka dapat berada di tempat para suci/orang-orang kudus, mereka harus disucikan/dikuduskan terlebih dahulu. Bagi merekalah, kita berdoa supaya mereka beroleh belas kasih Allah. Melalui firman Tuhan yang diterima akan menjadikan jiwanya percaya, dan melalui sakramen-sakramen yang diterimanya akan menjadi sarana keselamatan yang Tuhan telah tentukan untuk keselamatan jiwanya. Maka demikianlah keselamatan pun ditawarkan kepada semua manusia baik yang hidup maupun yang telah mati, karena  Allah kita adalah Tuhan atas orang hidup dan yang telah mati. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar