Rabu, 17 Agustus 2016

Keajaiban Ilahi (Mazmur 88:13)


Nas Alkitab :

Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa?

Dari terjemahan Alkitab bahasa Jerman, nas di atas berbunyi, "Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan dan kebenaran-Mu di negeri segala lupa?"

Ketika penulis Mazmur ini berdoa, ketika ia merasa ditinggalkan seorang diri, dalam keadaan yang mencekam dan menjelang kematiannya, penulis Mazmur berbicara kepada Allah. Ia bertanya tentang alam sana, dimana ia menggunakan gambaran tentang alam sana itu sebagai “kegelapan” dan “negeri segala lupa”. Pada masa itu, pemahaman akan alam sana, benar-benar digambarkan sebagai suatu tempat yang gelap dan gulita. 

Orang-orang yang telah meninggal dunia hendaknya dapat mengenali dan mengakui keajaiban Allah. Sebab di balik semua kejadian ini terdapat kasih Allah, yang tidak melupakan satu jiwapun atau membiarkannya binasa (band. Yoh. 3: 16). Keajaiban apakah yang diperkenankan oleh Allah terjadi?

Keajaiban kemurahan dan kebenaran ilahi

Jiwa seseorang yang memiliki kepercayaan, juga memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kemurahan. Kemurahan ilahi berarti Allah cenderung atau condong kepada orang yang berdosa dan berkenan untuk memberikan serta melakukan tindakan pengampunan dosa kepadanya. Di alam sana kemurahan Allah juga dapat diterima, jika jiwa-jiwa dapat mengenali dan mengakuinya serta memiliki keinginan dan kebutuhan akan kemurahan ilahi. Jika jiwa-jiwa datang kepada mezbah keselamatan, mereka dapat menerima pengampunan dosa dan sakramen-sakramen yang mereka butuhkan bagi kehidupan den keselamatan jiwa mereka. (band. Mat. 18:18). Dengan demikian mereka dapat dipindahkan dan dibawa dari kegelapan kepada terang.

Keajaiban firman ilahi

Di dalam setiap kebaktian sebenarnya kita dapat melihat dan merasakan terjadinya keajaiban firman Allah. Bukankah suatu keajaiban, jika Bapa surgawi di dalam kata-kata manusiawi yang sederhana berbicara kepada anakanak-Nya, ya kepada semua manusia? Firman Allah berasal dari Tuhan Yesus Kristus, yang adalah firman (band. Yoh. 1:1,14) dan dari para Rasul, yang diutus-Nya. Keajaiban Firman Allah ini juga dapat didengar di daerah-daerah alam sana.

Keajaiban dari dalam kurban Tuhan Yesus

Bahwa jiwa-jiwa di alam sana memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pengampunan dosa, itu terletak di dalam kehendak keselamatan Allah dan di dalam jasa dari kurban Tuhan Yesus Kristus. Kurban ini demikian besar, sehingga semua orang baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia, dapat menimba dari dalamnya (band. 1 Ptr. 3:19; 4:6).

Baptisan Suci dengan air, Kemeteraian Suci dan Perjamuan Suci adalah keajaiban-keajaiban Allah,yang dapat kita lihat dan rasakan di dalam kebaktian. Di hadapan-Nya kita berdiri dengan penuh hormat dan rasa takut akan Allah, karena semua itu memberikan kepada kita terang, hidup dan persekutuan. Penerimaan sakramen-sakramen ini juga terbuka bagi orang yang telah meninggal dunia, jika mereka menjalani jalan keselamatan yang telah diletakkan untuk itu.

Apakah yang dapat kita lakukan, agar keajaiban Allah dapat dikenali dan diakui?

Jika kita mengenali dan mengakui keajaiban Allah, bersaksi dengan cara yang patut dipercaya perihal keajaiban Allah ini, dan hidup di dalam kasih kepada sesama kita, maka kemudian melalui doa-doa perantara yang kita panjatkan dengan penuh mesra, maka keajaiban Allah akan dapat juga  diakui dan dikenali oleh jiwa-jiwa yang sudah berada di alam sana dan akan membangkitkan kerinduan untuk dapat menerima kemurahan dan kelepasan di dalam diri mereka. Karena itulah kita juga ingin
  • menerima firman Allah di dalam kebaktian dengan penuh kepercayaan. 
  • menikmati Perjamuan Suci dengan penuh kepatutan. 
  • menyerahkan diri kita sendiri dengan kerendahan hati, pada kasih dan kemurahan ilahi.
Maka kemudian keajaiban-keajaiban Allah juga akan dapat dikenali dan diakui di alam sana dan banyak kelepasan akan dapat dikerjakan.

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat,jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2PQZp2w

    BalasHapus