Kamis, 25 Agustus 2016

Injil Diwartakan Kepada Orang Mati

Bacaan : 1 Ptr. 4:1-6

Nas Alkitab :

"Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah." (1Ptr 4:6)

Kita menyadari bahwa para jiwa dari alam barzakh juga hadir dalam setiap pelayanan kebaktian yang kita selenggarakan di muka bumi ini. Melalui khotbah, Roh Kudus menyapa baik mereka, jiwa orang-orang yang telah mati maupun yang masih hidup di muka bumi. Hal ini tidak hanya berlaku bagi mereka yang telah mati dalam Kristus, tetapi juga berlaku bagi jiwa-jiwa dari mereka yang dibukakan hatinya, sehingga dapat mengenali tawaran keselamatan, meski pun mereka percaya dan menerima Tuhan ketika mereka telah mati (di alam barzakh).

Dengan demikian mereka yang mati pun memang telah berjalan  bersama-sama dengan kita "di hadapan Tuhan di negeri orang-orang hidup."

Untuk itulah Yesus setelah kematiannya di atas kayu salib, Ia memberitakan Injil kepada orang-orang yang telah mati sezaman dengan Nuh yang berada "di dalam penjara" (1Ptr.3:19,20).

Sama seperti orang yang masih hidup, mereka pun menantikan Hari Kedatangan Tuhan Yesus. Mereka juga harus dipersiapkan dan dirawat dengan firman dan sakramen Tuhan, agar dapat dilayakkan untuk beroleh keselamatan dari Tuhan.

Kita dapat membantu mereka di dalam doa perantara kita, tetapi juga dalam usaha-usaha kita untuk bersikap sesuai dengan amanat/tugas dan teladan Yesus Kristus. Kita akan  diselamatkan, oleh karena belas kasih Allah kepada orang-orang yang percaya dan taat serta setia  kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar